Navigation-Menus (Do Not Edit Here!)

Bodi Tipis Mulitmedia Komplit

BenQ lebih dikenal sebagai produsen perangkat IT. Lalu bersama Siemens, dulu membuat ponsel BenQ-Siemens. Kini nama Siemens sudah dilepas, dan salah satunya adalah smartphone yang satu ini; BenQ. B502.

(8) Desain dan Layar

Terbilang pendatang baru, tampilannya terasa menarik dan berbeda. Bentukvertika memanjang membuatnya bisa berlayar luas namun tetap nyaman digenggam dengan satu tangan saja. Finishing casing, port dan tombol juga rapi, dengan bahan casing yang cukup kokoh. Seperti biasa, sisi depan didominasi layar sentuh hingga ke pinggir, yang membuatnya terlihat elegan.
Di belakang, casing putih yang berbahan kesat, berpadu manis dengan segmen kamera dan flash yang berwarna hitam. Yang menonjol dari ponsel ini adalah ketipisannya. Untuk sebuah smartphone terjangkau, ketebalan 7 mm tentu menarik dan jarang dimiliki pesaingnya. Baterainya tak bisa dilepas (unibodi), sementara microSD bisa dilepas pasang langsung (hot swap).
Sayangnya, penempatan tombol. power dan volume terasa mengganggu karena sangat berdekatan di sisi kanan. Alhasil, jempol seringkali terpeleset mengakses tombol yang salah. Layarnya terbilang mantap,jernih dan tajam, kaya warna namun tetap nyaman dipandang berlama lama.
yang membuatnya


(7) Antarmuka dan Aplikasi

Berbasis KitKat, BenQ - tak menggelar tampilannya secara standar. Antarmukanya dipermak sehingga lebih menarik dan lebih fungsional. Ikon aplikasi dibuat khusus dan berukuran besar sehingga terlihat unik, dengan warna-warna segar.
Homescreen utama sudah diisi dengan folder aplikasi, yaitu aplikasi Google, TopApps dan Family. Folder Google dan Top Apps sudah bisa kita kenal aplikasinya. Sementara folder aplikasi Family terdiri dari Qmemo (catatan, Qmoney (pencatat transaksi keuangan, QissMusic (audio player, piQture (Galeri foto, Qsora (konektor gadget via WiFi, Qloud Media (media server) dan QissPaper (pengelola wallpaper).
Aplikasi Qsora yang sangat menyenangkan dan mudah dikelola, bisa memuat tampilan gadget lain lewat jaringan WiFi. Baru saat digeser kekanan, berbagai aplikasi dan game yang diinstalasi tampil Jika biasanya ada lima pintasan, di sisi paling bawah layar, hanya ada tiga pintasan favorit yaitu Phone, Phonebook dan New Comer. Ketiganya tampil permanen sehingga ada di tiap halaman.
Nah, New Comer ini adalah aplikasi hasil download dan instalasi dan dikelompokkan dalam satu folder. Cara ini lebih memudahkan pencarian aplikasi yang baru diinstalasi dibandingkan harus mencari di antara deretan aplikasi yang bercampur dengan aplikasi bawaan.

(8) Musik

Audio player bawaan tampil minimalis, namun mampu mengeluarkan suara mantap. Pilihan Audio player lain adalah Google Play Musi catauQiss-Music. Bersama speaker mono, suara jernih dan harmoni bisa dinikmati sepuasnya tanpa khawatir nada terdengar pecah. Lubang speaker. di kiri bawah diberi tonjolan kecil, membuat speake rtak teredam saat ditaruh di permukaan rata.
Nada trable tampil harmoni dengan nada tengah dan seditkit bass. Ya, meski samar-samar, nada bass masih tetap terdengar saat memutar lagu bertempo cepat. Equaliser juga bisa diaktifkan meski tanpa earphone, namun tanpa fitur pendongkrak audio lain seperti Bass Boost dan Surround Sound.
Seperti biasa, ada 11 pilihan equaliser siap pakai plus 5 kanal equaliser manual. Lewat earphone, suara lebih bagus karena efek stereo lebih terasa. Begitu pula nada bass yang lembut mulai keluar, meski memang terbilang tak cukup kuat dentumannya. Meski tak sensitif karena hasil penangkapan radio tak banyak, output radio FM yang tertangkap terdengar keras dan jernih. Siaran radio bisa direkam.

(8) Kamera

white balance, Face detection, Smile shot, dan ISO hingga 1600. Beresolusi 13 Mp kamera utmanya mampu merekam hasil foto bagus diluar ruang. Foto tampil tajam dengan gradasi warna terjaga alami, dan mampu merekam kontras yang tajam dengan baik. Saat dicoba memotret lewat kaca jendela mobil yang bergerak cukup cepat, hasil foto tetap bagus merekam mobil yang berjalan cepat. Kamera juga bisa memotret objek berjarak sangat dekat (makro) dengan mantap, autofocus cepat mengunci, serta obyek makro tampil detil dan tajam. Di dalam ruang, ketajaman dan warna masih tetap bagus meski noise (bintik) mulai muncul.
Pemakaian flash bisa banyak mengurangi gejala noise yang muncul Kamera depannya yang 5MP juga bagus untuk berfoto selfie, dengan hasil foto tajam dan terang. Syaratnya, ponsel harus stabil karena kamera depan memotret pada kecepatan lambat sehingga sangat mudah blur. Rekaman video lebih bagus lagi dengan gerakan yang lancar tanpa tersendat, tajam dan cerah. di dalam ruang video tetap bisa direkam dengan baik, apalagi kalau diabantu flash sebagai lampu. Selama merekam video, kita bisa sambil memotret adegan yang diinginkan.

(8) Kinerja

Di luar negeri, ponsl ini dibekali memori RAM 2 GB. Masuk Indonesia dipangas menjadi 1 GB saja . Begitu pula memori internal yang diperkecil menjadi 2GB saja. Namun dengan prosesor Quad Core, kinerjanya tetap terasa gesit. Apalagi respon layarnya yang lega juga bagus. Banyak aplikasi dan game bisa dimainkan dengan lancar. Namun untuk game yang berukuran besar. ponsel harus bekerja keras terutama karena memori RAM yang hanya 1 GB. Satu lagi , daya tahan baterenya termasuk bagus meski hanya berkapasitas 1800mAh, dan bisa bertahan seharian dengan pemakaian normal. Koneksi ke PC berlangsung mudah karena ponsel langsung dikenali, sehingga transfer data berjalan lancar. Hasil uji benchmark menunjukan kinerja yang bagus


Posting Komentar

0 Komentar