Navigation-Menus (Do Not Edit Here!)

Prinsip-prinsip Perancangan



Enchant Me 
Delight me in surprising ways 

Tampang yang menarik/indah, animasi yang ditempatkan secara baik dan hati-hati, atau efek suara yang tepat adalah pengalaman yang menyenangkan.
 
 
 
Objek nyata lebih menarik dari pada sekeda menu dan tombol
Memungkinkan orang untuk secara langsung memanipulasi objek app yang kita buat. Hal ini mengurangi upaya untuk melakukan sutau task, dan hal ini secara emosional juga memuaskan.




 
Buat ini menjadi milik saya
Orang-orang senang membuat sentuhan pribadi yang sesuai dengan seleranya.
 
 
 
 
Kenali saya
Pelajari prefersensi orang setiap saat. Tempatkan pilihan-pilihan dengan mudah dan tepat daripada selalu menanyai hal yang sama setiap saat.

Simplify My Life
Tetap singkat
Gunakan prasa yang singkat dengan kata-kata yang sederhana. Orang lebih suka untuk melewatinya jika terlalu panjang.
 
 
 
Pictures are faster than words
Coba gunakan gambar untuk lebih memberikan penjelasan. Gambar dapat mengundang perhatian lebih daripada sekedar kata-kata.


 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Bantu untuk memilih


Berikan saran dahulu daripada bertanya. Terlalu banyak pilihan juga tidak menyenangkan pengguna.  Tambakan fungsi undo untuk memperbaiki saat kita salah dalam memberikan saran.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Tampilkan yang perlu saja


Orang akan kewalahan jika terlalu banyak yang ditampilkan dalam waktu bersamaan. Bagi task dan informasi beberapa bagian kecil. Sembunyikan opsi yang tidak penting pada saat bersamaan.
 
 
 
 
 
 
Saya harus tau di mana saya sekarang


Buat ruang-ruang pada app Anda terlihat jelas perbendaanya dan gunakan transisi untuk memperlihatkan hubungan antar layar. Tampilkan juga feedback pada task yang masih berjalan.

 
Jangan ketinggalan satu hal pun
Buat pengguna menghemat waktunya dangan akses mudah di manapun. Simpan setting, personalisasi, dan apapun yang telah dibuat di handphone, tablet dan komputer.  Hal ini memudahkan dalam meng-upgrade.
 
Jika terlihat sama, fungsinya juga sama


Bantu pengguna melihat perbedaan fungsional dengan membuatnya jelas berbeda. Hindari hal yang terlihat sama padahal mempunyai fungsi yang berbeda pada input yang sama.
 
Beritahu saya jika itu memang penting
Sebagaimana asisten pribadi yang baik, lindungi pengguna dari detail yang tidak penting. Pengguna ingin tetap fokus, jika memang tidak penting, notifikasi /interupsi dapat menjadi gangguan yang menyebalkan.

Make Me Amazing

Berikan saya trik yang berguna di manapun 
Buat aplikasi Anda lebih mudah belajar dengan memanfaatkan pola-pola visual dan muscle memory dari aplikasi android lainnya. Misalnya swipe gesture mungkin shortcut navigasi yang bagus.
 
Bukan salah saya


Pengguna ingin merasa pintar saat menggunakan app kita. Jika ada kesalahan, berikan instruksi perbaikan yang jelas tapi jangan sampai terlalu ke tingkat teknis yang ditail. Akan lebih baik jika kita dapat memperbaikinya di belakang layar.

Tebarkan semangat


Bagi task yang rumit menjadi beberapa langkah yang dapat dengan mudah dilakukan. Berikan umpan balik untuk setiap aksi, walapun hanya sebuah cahaya halus.

 
Mudahkan saya


Buat pemula merasa seperti ahli dengan memungkinkan mereka untuk melakukan hal-hal yang baru. Misalnya, shortcut yang menggabungkan beberapa efek foto dapat membuat foto amatir terlihat menakjubkan dalam beberpa langkah saja.
 
Akses cepat untuk hal-hal penting


Tidak semua hal adalah sama penting. Putuskan apa yang paling penting dalam aplikasi Anda dan membuatnya mudah untuk menemukan dan cepat untuk digunakan, seperti tombol shutter di kamera, atau tombol pause pada pemutar musik.
 
 
 
 

 

Posting Komentar

0 Komentar