Navigation-Menus (Do Not Edit Here!)

Radiasi Ponsel Terhadap Mata

Ponsel rupanya sudah menjadi candu bagi Anda. Tapi siapa yang tahu jika candu pada ponsel ini ternyata berdampak buruk bagi kesehatan mata. -Untuk memastikan bahayanya penggunaan ponsel yang berlebihan pada mata, SINYAL mencoba untuk menanyakannya dengan dr. Fifin LRahmi, MS, Sp, ahli bedah mata Rs Dr. Kariadi Semaran9. Berdasarkan keterangan yan9 - didapatkan, tingkat radiasi yang terpancarkan dari ponsel ternyata bisa membuat kerusakan permanen pada mata kita.

Cahaya biru violet, yang terpancar dari ponsel, sangat berpotensi merusak dan meracuni belakang mata seseorang. Jadi dalam waktu - tertentu, hal itu tentu akan merusak mata dari pengguna ponsel. Apalagi oleh orang-orang yang sudah candu ponsel.

Penggunaan ponsel secara berlebihan dapat juga menggangu sistem penglihatan kita dikarenakan adanya kombinasi antara kurangnya kedipan mata yang dilakukan dan jarak yang terlalu dekat ketika Anda melihat layar ponsel. Hal inilah yang menyebabkan kerja dari mata menjadi lebih keras dibanding dengan melihat objek seperti biasa.

Kita cenderung lebih sedikit berkedip ketika sedang melihat ponsel. Dan ketika kurang berkedip, mata kita akan mengering dan lama lama bisa menyebabkan mata terasa seperti terbakar dan terasa gatal. Terlalu lama memandangi layar ponsel juga bisa menyebabkan ketegangan pada mata dan masalah penglihatalain serta dapat menyebabkan sakit kepala.

Hal ini akan menjadi lebih berbahaya lagi jika berdampak pada anak-anak. Kekuatan mata pada anak tergolong masih sangat rentan terkena pancaran radiasi dari ponsel.

Anak-anak yang terlalu sering menatap ponsel sepanjang hari beresiko mengalami rabun di saat dewasa nanti. Penggunaan ponsel berlebihan ini juga bisa mempercepat sese.orang menggunakan kacamata, parahnya diharuskan menggunakan kacamata plus. Mengingat pentingnya menjaga kesehatan mata, serta untuk mengurangi dampak dari bahayanya pancaran radiasi terhadap mata Anda, berikut SINYALrangkum beberapa tips yang bisa bermanfaat untuk Anda: Memasang filter pada layar monitor komputer yang dapat menahan radiasi supaya tidak sampai mata. -

Menjaga jarak antara pandangan mata dengan ponsel, jangan sampai terlalu lama berhadapan dengan layar ponsel. Atur warna pada layar ponsel Anda agar enak dan nyaman saat dipandang mata. Jangan terlalu terang dan jangan pula terlalu gelap. Seringlah mengedipkan mata agar mata tidak kering.


Sesekali istirahatkan mata selama 15 menit atau lebih agar mata kembali segar kembali, dengan melihat pepohonan atau objek berwarna hijau yang menurut penelitian mampu membuat mata menjadi segar kembali. Selain itu bisa juga melakukan senam mata. Perbanyak pula konsumsi sayuran yang mengandung vitamin A dan lakukan pemeriksaan mata secara berkala.
Sumbar:majalah sinyal.


web: sinyal.co.id
Penulis: Dr. Fifin

Posting Komentar

0 Komentar