Navigation-Menus (Do Not Edit Here!)

Sekilas Mengenai User Interface Android

User Interface/UI (antarmuka pengguna) pada Android memberikan kerangka kerja dalam pembangunan app. Hal yang penting adalah pengalaman akan home screen, navigasi, dan notifikasi.

App kita memegang peranan penting dalam mempertahankan konsistensi dan kenikmatan pengalaman ber Android.  Pada akhir tulisan ini, kami akan memperkenalkan unsur yang paling utama dalam meraih hal tersebut.



Layar Home
Home adalah ruang yang dapat dikostumasi (disesuaikan) dan digunakan untuk menempatkan shorcut, folder dan widget.  Navigasi antar layar home yang berbeda dapat dilakukan dengan menyapu layar ke kiri atau ke kanan.


Favorite Tray yang terletak di bagian paling bawah layar membuat semua shortcut dan folder yang penting tetap di situ walaupun kita bernavigasi ke panel yang lain.
Akses ke semua app dan widget dapat dilakukan dengan menyentuh tombol All Apps yang terletak di bagian tengan Favorite Tray.



Layar All Apps
Layar ini memungkinkan kita untuk berselancar ke seluruh apps dan widget yang telah terinstall. Pengguna dapat menggusur (drag) icon apps dan widget dari layar All Apps dan menempatkannya di tempat kosong di layar Home. 
Layar Recents
Layar Recents memudahkan untuk bernavigasi ke beberapa applikasi yang terakhir digunakan, hal ini juga memudahkan kita berpindah dan memilih aplikasi yang sedang berjalan.

Tombol Recents di bagian kanan navigation bar menampilkan aplikasi yang aplikasi mana saja yang sedang berjalan dan paling terakhir dibuka. Aplikasi yang ditampilkan paling bawah adalah aplikasi yang terkhir kita buka. Kita bisa membuka aplikasi tersebut dengan membuka tampilan aplikasi itu. Untuk membuangnya dari daftar kita dapat menyapunya ke kanan atau kiri.

System Bars
System Bar adalah area yang dikhusukan untuk menampilkan notifikasi /pemberitahuan, status komunikasi perangkat, dan navigasi perangkat. Biasanya system bar ditampilkan bersamaan dengan aplikasi yang sedang berjalan. Untuk aplikasi yang memerlukan layar penuh seperti video dan gambar, system bar dapat tersembunyi sementera agar kita bisa menikmati konten yang kita tampilkan.

1. Status Bar
Pada bagian kiri menampilkan notifikasi yang masih tertunda dan status, seperti waktu, level baterai, atau kekuatan sinyal, di kanan. Sapu ke bawah dari status bar tersebut untuk membuka notifikasi secara rinci.  

2. Navigation Bar
Yang baru di Android 4.0 adalah navigation bar hanya tersedia untuk perangkat yang tidak memiliki tombol (key) tradisional. Ini menyimpan navigasi perangkat yaitu Back, Home dan Recents dan juga menampilkan menu untuk aplikasi yang memakai android 2.3 atau lebih lama. 
Notifikasi (Notifications)
Notifikasi adalah pesan singkat yang dapat diakses oleh pengguna kapan saja di status bar. Status ini memperlihatkan update, pesan pengingat, atau informasi berguna lainnya. Cara membuka notifikasi adalah dengan menyapu status bar. App yang terkait akan dibuka dengan memilih salah satu pesan notifikasi.lebih lengkap mengenai notifikasi.
Notifikasi dapat dibuka lagi untuk menampilkan informasi yang lebih rinci. Ketika di

Common App UI