Navigation-Menus (Do Not Edit Here!)

Lenovo A6000 Performa Nomor Satu

Ketika merilis seri A, Lenovo memikirkan betul keunggulan masing-masing. Ada A5000 yang mengunggulkan baterai. Lalu, seri A7000 yang andal dalam hal multimedia dan merupakan salah satu pengguna Lollipop.  Seri A6000 juga dilengkapi dengan teknologi 4G.

Design dan Layar (8)

Lenovo memang tidak terlalu kreatif menciptakan desian yang unit. Tetapi mereka bisa memangkas bodi hingga tipis, bahan casing dari plastik cukup berkualitas berteksrtur doff kasat. Ditambah ukuran memanjang, trasa nyaman digenggam dan dioprasikan satu tangan. Tombol power dan volume di kanan dan mudah dijangkau, menyatu dengan case sehingga mencegah debu masuk.

Di bagian atas tersedia jack audio 3,5mm dan port microUSB. Penataan begiani kerap bikin kabel saling sangkut, saat dipakai bersamaan. Cover penutup baterai mudah dilepas pasang, dan di paketnya tersedia back case transparan. Posisi slot microSD dan dual microsim berderet di atas beterai. 
 
Benefit justru terletak pada resolusi full HD. Tampilan yang terang dan tajam bisa dinikmati pada ukuran wide 5 inch. Warna terlihat cerah dan cemerlang dan tetap sejuk dipandang lama. Berteknologi IPS, layarnya belum berlapis anti gores memadai, jadi harus segera ditambah screen protector atau tempered glass. 

Layar juga cukup responsif. Tergolong gesit menerjemahkan instruksi tanpa terasa gejala lag meski sudah banyak aplikasi yang dibuka. Hanya ada tiga sensor di Lenovo A600; sensor cahaya, sensor porximity dan sensor accelerometer.

Antarmuka dan Aplikasi (8)

Kendati masih Android v4.4.4 Kitkat, antarmukanya dipermak dengan Lenovo Vibe 2.0 yang meriah dan nyaman. Semua aplikasi dan game bercampur dalam homescreen yang ada. Tapi sejak awal, sudah ada pengelompokkan dalam folder Google, Tool dan Game.
 
Di folder Googlel berisi aplikasi bawaan Google, folder Tools berisi aplikasi pendukung Calculator, Sound Recorder, Clock, Hotspot, Evernoter, GPS Navigate, dan Radio FM. Ikon aplikasi dan warnanya terlihat menarik dan tampil beda dari android kebanyakan. Dua pilihan Theme yang menarik dan bewarna-warna menambah semarak tampilannya.

Ketika berhadapan dengan homescreen, Anda akan bersua empat pintasan permanen; Telepon, Phonebook, SMS, dan Browser. Pada mode Telepon atau SMS, keduanya terintegrasi ke phonebook, termasuk Call log, dan Favorit sehingga enak dipakai.ukuran keyboard virtual besal dengan jarak lega, nyaman untuk mengetik cepat. 

Lenovo menyelipkan banyak aplikasi bawaan. Selain dari Google, ada antivirus lengkap dari Lenovo (Security) yang juga bisa membatasi konsumsi data plus pilihan akses data lewat operator atau WiFi. Security juga bisa mendongkrak kinerja - ponsel, anti maling, anti spam, plus pengontrol anak. Lalu ada SYNCit untuk sinkronisasi data kontak, SMS dan call log ke server Lenovo secara gratis.
Aplikasi SHAREit untuk berbagi file antar ponsel, tablet dan PC lewat koneksi WiFi yang aman. Aplikasi menarik lain adalah File Browser, Guvera, dan Scoop Navigasi caps bisa dinikmati lewat Navigate, meski hanya Trial. 

Kita mudah upgrade firmWare di ponsel ini karena tersedia System Update yang langsung terhubung ke server Lenovo. Begitu muncul notifikasi update maka Anda bisa segera download

Musik(8)

Anda harus berterimakasih ke Dolby Digital atas perannya kualitas musik jadi lebih aduhai. Dipadu pula dengan tampilan audio player keren dan multifungsi, plus speaker stereo. Ada pilihan Movie, Music, Game, Voice, dan Custonn. Efeknya begitu terasa, baik di speaker maupun earphone. Efek stereo memang tak terlalu terasa karena jarak kedua speaker di sisi belakang sangat dekat. Namun lewat earphone bawaan, stereo yang memikat bisa memanjakan telinga. Sayang, nada bass tak cukup memadai di earphone bawaannya. Padahal saat dicoba dengan headset yang baik, nada bass yang bulat dan bertenaga begitu nyaman di telinga.  

Radio FM juga menarik tampilannya, meski terasa kurang sensitif penangkapannya. Suaranya juga tak sebagus suara musiknya, karena cenderung flat. Siaran radio bisa direkam dalam format 3gpp yang jernih.

Kamera(6) 

Kamera Mengandalkan kamera utama 8MP plus flash dan segudang fitur ternyata hasil fotonya standard saja. Padahal ada fitur HDR, panorama, histogram, ZSL, Continous Shot, Touch Autofocus, Autofokus terseleksi, Saturation, Contrast, Sharpness, Exposure, White balance, dan Wavelet Denoise Mode. Nah, fitur terakhir ini sangat besar efeknya untuk menghapus noise tinggi (bintik) yang muncul di dalam ruang. Noise foto dalam ruang memang sangat berkurang dibanding saat tak diaktifkan, namun ketajaman dan warna masih kurang drastis. Flash cukup membantu mendongkrak hasi foto namun kurang memadai. 

Di luar ruang, foto terekam kurang tajam dengan sedikit noise. dan warna cenderung pucat sehingga perlu diatur lagi. Hasil rekaman video di luar ruang cukup meski warna cenderung gelap. Di dalam ruang, ketajaman Sangat berkurang dan noise meningkat. Pemakaian anti noise membuat ketajaman sangat menurunn.

Kinerja (8)

Di faktor inilah Lenovo A6000 punya spesial. Secara - umum kinerjanya bagus. la begitu lancar diajak membuka banyak aplikasi sekaligus, juga bermain game non HDR seperti Terraria atau Real Footbal 2015. Akses ke email juga nyaman, termasuk browsing banyak Tab sekaligus. Dukungan akses menjadi nilai lebih untuk internetan. Namun, akses hanya di frekuensi 1800Mhz dan 2300Mhz, meski 1800 Mhz akan menjadi frekuensi utama . Jadi saat ini, belum bisa akses , karena ketiga operator baru beroperasi di frekuensi 900Mhz. Koneksi ke PC harus instal driver dulu agar dikenali, namun akhirnya lancar. 
USB-nya belum dukung OTG. Daya tahan baterainya bagus, bisa bertahan seharian dengan pemakaian intensif. Untuk pemakaian normal, bahkan bisa sekitar 1,5 hari. Hasil uji benchmark bagus, sebagai berikut. 
Quadrant Standard : 1061:
Nenamark 2 : 540 Linpack 409302
Ket Hargadalam iburupian - 1625 1525

Spesifikasi :

Rilis : April 2015
Jaringan : Ouadband GSM 900/1800/1900 MHz, HSDРА 9002100 Mhz, LTEFDD 18002300Mhz; GSMGSM Dimensi : 141 x 70 x .2 mm, 28 gram ។
Baterai: LiPo 2300 mAh
Layar: IPS LCD capacitive touchscreen 5.0 inch, 720 x 1280 pixels, 294 ppi. Lenovo Vibe 2.0 U. sistem operasi & Hardware OS : Android .4.4 KitKat.
Prosesor : Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 Quad-Core 1.2 GHZ, GPU Adreno 306 - Kamera: 8 MP Flash, autofokus. panorama, HDR, kamera depan 2 MP Audio Player: MP3/WAVeAAC+/ FLAC Video Player: MP4/H.264
Radio: Stereo FM, FM Recording os on
Koneksi nirkabel : WiFi, HSPA. Bluetooth va.0 A2DP
Koneksi kabel : microUSB v.2.0. jack audio 3.5mm
Memori : internal 8 GB, RAM GB
Eksternal: microSD hingga 32GB
Messaging: SMS (threaded view, MMS, Email Push Mail)
Lain-lain: GPSA-GPS, Dolby Digital Sound, File Manager, radio FM, Backup and Restore, Drive, Google Apss, Lenovo Security SYNCit, SHAREit, File Browser,Guvera,Scoop, Navigate