Navigation-Menus (Do Not Edit Here!)

Memotret di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan sudah dijalani umat Islam. Berpuasa dari subuh sampai matahari terbenam dan banyak orang mengisi waktu dengan beribadah. Di Indonesia, ada banyak hal menarik dan khas yang hanya ada saat Ramadhan hingga lebaran, yang bisa diabadikan dalam foto.

Beberapa hal yang dapat dijadikan objek foto:
Detil. Agar lebih menarik, perbanyak foto dari jarak dekat atau dari jarak jauh dengan zoom. Memotret aktifitas dari jauh sudah terlalu biasa kurang unik dan menarik.

1. Tarawih.
Shalat berjamaah ini hanya dilakukan saat bulan Ramadhan. Potretlah hal-hal menarik atau lucu, seperti anak-anak kecil yang sedang bermain di sela barisan jamaah di mesjid, anak kecil yang sedang berlatih memakai sarung atau orang tua yang terkantuk mendengarkan ceramah.

2. Anak-anak berpuasa.
Saat Ramadhan, sekolah libur dan banyak anak kecil yang berlatih berpuasa. Menarik memotret anak-anak yang lesu kahausan, mengumpulkan makanan di sore untuk berbuka, atau mengisi waktu dengan bermain bersama temannya.

3. Al-Quran.
Potret bagian dari al-Quran dalam kondisi terbuka, di bagian dengan kondisi yang sudah berumur. Itu akan memberi banyak kesan begitu banyak yang membacanya.

4. Ornamen Mesjid.
Bagian masjid yang terkadang luput dari perhatian bisa dipotret khusus, seperti kubah atau menara mesjid dengan latar belakang senja yang merah, kaligrafi di tembok, lantai mesjid yang berkilau, atau lampu lampion jika ada.

5. Ibadah.
Saat Ramadhan, orang mengaji di bawah pohon atau di perkantoran, berdoa sendirian di mesjid, akan sering ditemui. Potretlah dari jauh dengan zoom dan bidik pose yang khusuk.

6. Menu berbuka.
Potret menu berbuka puasa keluarga yang hanya ada saat Ramadhan, misalnya kare, kolak, kurma, atau sirup es berwarna warni yang terlihat segar.

7. Makanan khas.
Di daerah, banyak makanan yang hanya dibuat saat Ramadhan, misalnya bubur rempah di mesjid Pekojan Semarang, mie glosor di Bogor, sate susu di Bali, Bangka kopyor di Gresik, Kicak di Jogja, atau lainnya.