Navigation-Menus (Do Not Edit Here!)

Fakta Mengenai Pengguna Instagram di Indonesia Ini Bisa Membantu Anda Mengembangkan Bisnis


Pertumbuhan pengguna Instagram di dunia bias dibilang fenomenal. Media social yang mengkhususkan diri pad tampilan visual ini berdiri pada tahun 2010. Kini Instagram telah menjangkau lebih dari 400 juta pengguna aktif secara global. Angka ini dicapai hanya dalam waktu 9 bulan setelan pencapaian sebelumnya yaitu 300 juta pengguna aktif. Dari 100 juta pengguna terakhir yang bargabung di Instagram, lebih dari setengahnya berasal dari Asia dan Eropa.
Negara-negara yang berkontribusi menyumbang pengguna terbanyak adalah Indonesia, Jepang dan Brasil. Di Indonesia sendiri, pengguna aktif perbulannya telah menjadi dua kali lebih besar dari tahun ke tahun (per Maret 2015). Rata-rata, pengguna istagram membagikan 150 foto dalam sebulan, dengan lebih dari 80 juta foto dan video dibagikan secara global setiap harinya dan menghasilkan 3,5 milyar like per hari.

Siapakah Instagrammer di Indonesia?

Ada data menarik yang patut disimak mengenai apa dan siapa pengguna Instagram di Indonesia. Selain rentang usia, data di bawah ini juga mengungkapkan mengenai pendapatan dan bagaimana pandangan mereka mengenai Instagram itu.

Mayoritas pengguna Instagram di Indonesia adalah anak muda, pengguna mobile dengan kemampuan finansial yang baik dan memiliki gelar sarjana. Ini merupakan hasil temuan sebuah penelitian yang perama kalinya mengungkapkan keterkaitan komunitas dengan salah satu platform social dengan pertumbuhan pesat dan senantiasa bertinteraksi dengan mereka.

Temuan dari studi “pengguna Instagram di Indonesia” yang dilakukan oleh TNS dapat disimpulkan sebagai berikut”

  • Pengguna Instagram di Indonesia mayoritas adalah anak muda, terdidik dan mapan dengan 89% berusia 18-34 tahun
  • Populasi Instagram di Indonesia didominasi oleh wanita yaitu 63%
  • 88% pengguna menggunakan filter dan 97% nya menggunakan fitus search untuk mencari informasi yang lebih spesifik
  • 97% pengguna menuliskan komentar pada postingan dan menandai teman-teman mereka yang mendorong proses pencarian
  • 85% pengguna di Indonesia juga men-posting di media social lainnya
  • Fashin dan teknologi adalah tema paling popular di antara pengguna Instagram di Indonesia
  • 49% juga membeli produk dari bran yang mereka follow
  • 46 pengguna menyukai posting brand dengan tren terbaru sebagai sumber inspirasi dan 41% menyukai iklan video pendek dengan teks alih Bahasa atau subtitle
  • 55% mengetahui brand atau produk terbaru dari Instagram. Selain itu setelah melihat aktifitas bran di Instagram, 43% dari responden mengunjungi situs bran dan 31% nya mulai men-follow akun bran tersebut 
  • Pengguna Instagram di Indonesia merespon iklan baik melalui call-to-action secara spesifilk, dan 38% responden meyukai iklan denga tombol yang terhubung langsung ke situs brand
  • Masyarakat Indonesia menggunakan Instagram untuk mencari inspirasi, membagi pengalaman traveling, atau mencari informasi tren terbaru
  • Instagrammer di Indonesia:
  • Apa yang penting buat mereka
  • Instagramers senang untuk menjadi bergeda, selalu mencari inspirasi dan merupakan seseorang yang sangat visual
  • 66% menggunakan Instagram untuk mencari inspirasi dan mengeluarkan sisi kreatif dan dili mereka 
  • 69% setuju bahwa Instagram memungkinkan mereka untuk menyaksikan suatu budaya tumbuh, berubah dan meluas

Instagram dan periklanan

Pada bulan September 2015, Instagram membuka platform nya kepada bisnis besar maupun kecil di seluruh dunia dan menawarkan solusi advertising. Format iklan Instagram yang telah ditingkatkan serta opsi untuk penargetan dan pembelian mampu membantu pengiklan mencapai hasil yang mereka inginkan mulai dari meningkatkan kesadaran hingga mendorong terjadinya aksi.

Meurut penelitian Nielsen pada 475 responden, ad recall pada postingan berbayar di Instagram 2,8 kali lipat lebih tinggi dibandingkan denga iklan online. Selain itu, 97% dari kampanye di Instagram telah menghasilkan kenaikan yang signigikan pada ad recall.

Fakta bahwa platform iklan di Instagram dibangun di facebook membuat Instagram dapat menyediakan alat pemasaran secara personal sesuai dengan sekala yang diinginkan, memungkinkan pencapaian dan penargetan lintas perangkat serta pengukuran yang jauh lebih baik.
Iklan dan instagrammer di Indonesia

Peluncuran iklan Instagram di indoensia menghadirkan berbagai kemungkinan yang menarik bagi perusahaan di Indonesia sebagai bentuk respon tren signifikan pengeluaran iklan digital yang diperkirakan akan tumbuh mendekati 19 miliar rupiah tahun ini.

Akhirnya seiring dengan berkembangnya Indonesia menjadi negara mobile-first dimana 85% masyarakatnya menggunakan smartphone sesering mereka menggunakan computer atau laptop untuk mencari informasi di internet. Perusahaan yang berpikir jauh ke depan dengan mudah akan melihat manfaat dari kampanye mobile-first di Instagram.

Brand bisa mendapatkan manfaat besar dari Instagram melalui interaksinya denga follower mereka secara kreatif termasuk konten yang berkualitas tinggi

  • 67% pengguna merasa bahwa bran perlu menjadi kreatif di platform
  • 61% mengatakan bahwa mereka akan berinteraksi dengan suatu brand jika konten dan prduknya relevan dengan mereka
  • 56% responden tidak keberatan jika Instagram digunakan sebagai platform iklan selama masih kreatif dan bekualitas tinggi secara visual
  • 41% menyukai iklan video pendek dengan teks
  • 38% lebih memilih postingan yang memiliki tombol untuk langsung terhubung pada situs brand tersebut.


Posting Komentar

1 Komentar

  1. dari pengguna instagram sih sudah pasti besar..tapi bagaimana meningkatkan promosi barang di instagram..melihat kalo kompetitornya banyak juga

    BalasHapus